Kamis, 16 Juni 2016

Jangan Khawatir Jika Kulit Wajah Mengalami "Purging"



Halo dear,Pernah kesel karena pada saat pemakaian rangkaian perawatan baru wajah jadi makin down? Makin berjerawat? Berminyak? Beruntusan? Sebelum panik, kenali dulu, bisa jadi itu purging.Dilansir dari www.suara.com, berikut penjelasan mengenai purging.

Apa itu proses purging? Menurut Lani Hastiningtyas, seorang pakar kecantikan, menjelaskan jika purging berasal dari kata purge, yaitu pembersihan.Pada awal menggunakan skin care, biasanya proses purging terjadi. ia bekerja untuk membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat seperti minyak berlebih, sel-sel kulit mati yang menumpuk, sehingga tak jarang jerawat pada wajah semakin parah, seperti dituturkan oleh Lani.
Belum lagi jika sebelumnya menggunakan produk perawatan yang kandungan kimianya tinggi, proses purging pasti terjadi."Karena purging memberikan efek break out pada permukaan kulit. proses kerja puging justru malah merangkap bakteri penyebab jerawat. hal itu wajar, karena proses pembersihan tadi," kata Lani.Selain itu, sebagai reaksi awal, purging bisa menjadi sistem pertahanan kulit secara alami untuk mengembalikan keseimbangan kulit. Purging akan terjadi pada skin care yang memiliki kandungan AHA, BHA atau ketika memakai produk berjenis scrub, peeling, stearic acid, salycilic acid atau retinoid yang memang memiliki kemampuan penetrasi ke dalam kulit untuk membersihkan dan memperbaiki lapisan bawah kulit."Terkadang menggunakan produk herbal juga akan berefek purging di awal," ujar Lani.Lani melanjutkan, proses purging dapat berlangsung selama 2-6 minggu setelah menggunakan skin care.
Tak jarang, proses purging juga terjadi hingga tiga bulan lamanya tergantung sejauh mana banyaknya bakteri dan racun yang ada dalm kulit. Setelah melalui proses purging, kulit berangsur-angsur semakin bersih sesuai dengan yang kita harapkan.Lani mengingatkan, jika skin care yang digunakan tidak mengandung bahan-bahan seperti yang telah dijelaskan di atas, dan jerawat atau beruntus semakin parah dalam waktu lebih dari tiga bulan, lebih baik kita mengganti skin care tersebut, karena itu pertanda bahwa skin care yang kita gunakan tidak cocok."Jadi jangan panik dulu dengan keadaan kulit berjerawatan atau beruntusan ketika awal-awal menggunakan skin care, bisa saja kita memang sedang mengalami proses purging," sarannya.

Pengalaman Purging
Dibawah ini saya coba sharing pengalaman purging dari beberapa user.
Terima kasih kepada yuni dan gladys yang sudah rela memabagikan pengalamannya :)
No 1 adalah kondisi jerawat awal, saat menggunakan produk perawatan dari klinik lain.
No 2 adalah kondisi sesudah menggunakan Northern Star kurang lebih selama 2 minggu. Muncul jerawat lain yang ukurannya cukup besar.
No 3 adalah kondisi setelah kurang lebih menggunakan Northern Star selama 5 minggu. Jerawat sudah mulai kempis dan hilang.
No 4 adalah kondisi setelah 7 minggu penggunaan. Masih ada beberapa bekas flek hitam. Flek hitam membutuhkan waktu yang cukup lama untuk hilang.
No 1 adalah kondisi awal. Jerawat biasa yang meninggalkan bekas hitam serta kulit tidak rata.
No 2 adalah kondisi setelah kurang lebih 1 minggu penggunaan. Kulit jadi agak berminyak dan muncul beruntusan di area T serta dahi.
No 3 adalah kondisi setelah kurang lebih 9 minggu pemakaian. Kulit lebih stabil dan jarang terkena jerawat yang meradang lagi serta komedo beruntusan hilang.
Kesimpulannya, purging belum tertentu terjadi pada setiap user. Tapi berpotensi terjadi pada user yang sebelumnya menggunakan produk kimia tinggi. Durasi purging sendiri berbeda-beda tergantung banyaknya bakteri/sebum yang harus dibersihkan.
References :
www.suara.com
www.apakenapadimana.blogspot.com
http://northernstar.asia/blog/purging-sebuah-langkah-detoksifikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar